VALENTINE’S DAY DAN KASIH SAYANG

Oleh. ustadz Ajir ubaidillah

Pembaca Inspirasi Islam yang baik hati dan keren pula, saat ini kita sudah memasuki Bulan Februari yang mana di dalamnya ada satu hari yang sering disebut oleh beberapa orang sebagai valentine’s day. Hari inilah yang kemudian sering diidentikkan dengan hari Cinta dan Kasih sayang.
Melalui tulisan ini kita tidak akan membahas tentang asal-usul, sejarah ataupun hukum merayakan valentine’s day itu sendiri, barangkali artikel atau tulisan mengenai hal itu bisa dengan mudah kalian temukan dengan googling ataupun sumber lainnya. Namun yang ingin kita bicarakan adalah pantaskah hari tersebut menjadi simbol cinta dan kasih sayang?? Mari kita perbincangkan.
CINTA ITU MENJAGA

Begini brad n sista, cinta itu akan menuntun serta menjaga yang dicinta bukan hanya sekedar menuruti keinginan untuk mencapai sebuah kesenangan ataupun kepuasan sesaat lalu dengan bangganya menyebutnya sebagai pengorbanan.
Kita ambil analogi sederhana, kalau semisalnya ada seorang Ibu yang memiliki balita, kemudian di sebuah pagi saat Ia belum makan sesuap nasipun, eh tiba-tiba anaknya meminta untuk dibelikan Es. Jika ibunya adalah orang tua yang mencintai buah hatinya apakah ia akan mengabulkan permintaan itu? Tentu tidak, seorang ibu yang penuh cinta pasti akan memilih untuk tidak memberi permintaan tersebut, bahkan mungkin membiarkan anaknya menangis daripada harus memberikan hal yang justru membuat sakit buah hatinya tersebut. Yups begitu lah Cinta.
ATAS NAMA CINTA

Sayang seribu sayang tidak semua orang paham akan konsep ini, maka sering kita menjumpai beberapa teman yang lagi dimabuk asmara, menjadikan hari ini sebagai moment untuk mengungkapkan perasaan nya dengan membeli coklat, bunga mawar dan melakukan berbagai macam ritual senang-senang, yang kemudian mereka labeli dengan sampul cinta dan kasih sayang.
Maaf nih ya, bukan lagi menghakimi atau menyudutkan pelakunya, tapi coba deh kita pikir bersama secara jernih, di saat kita melakukan ritual di atas kita telah mengorbankan banyak hal,
1. ORANG TUA

Kita tuh kadang-kadang untuk sekedar kebutuhan hidup saja masih minta ke ortu, uang saku aja masih minta. Owalah dengan bangganya menghamburkan uang itu untuk gituan. Kira-kira ortu ridho nggak yah? Padahal beliau lah yang berjuang begitu keras untuk kesuksesan kita. Masa si, kita tega mengkhianti pengorbanan yang tulus itu dengan sesuatu yang tidak jelas?
2. WAKTU

Inget Bro, inilah salah satu hal paling berharga yang kalau terlewat nggak bakalan bisa kita kembalikan. Nah seusia kita tuh masih banyak potensi dan skill serta wawasan yang harus kita kembangkan. Nah kalau udah sibuk ngurusi perasaan dan rutinitas yang nggak jelas ini, yakin deh bakal banyak waktu yang terbuang! Bisa-bisa temenmu sudah berlari jauh di depan eeh kalian baru mau makai celana.🙂🙂🙂
3. BERBAGI DOSA

Di saat kita melakukan yang gituan dan mengajak orang yang katanya kita cintai untuk melakukan hal serupa itu artinya kita lagi kompak untuk bareng-bareng melakukan dosa. Naudzubillah…
4. MERUSAK MASA DEPAN

Sejauh apa kita memperbaiki diri, maka sebaik itu pula pasangan yang akan mendampingi kita. Kalau kata orang jawa, “sopo sing nandur bakale ngunduh”. Siapa yang menebar benih pasti akan menuai hasilnya. Jika kita membiasakan diri untuk berhati-hati dan menjaga diri sedini mungkin, maka ALAH akan menuntun kita untuk menemukan yang terbaik pula. Nah begitu pun sebaliknya.

Nah, jika demikian adanya apakah aktivitas dan perayaan yang semacam ini layak dikatakan sebagai hari kasih sayang? Silakan nilai sendiri.
KASIH SAYANG UNIVERSAL

Sebenarnya jauh-jauh hari sebelum kebiasaan v-day ini berkembang, 14 abad silam Ar-Rosul mengaajrkan kepada kita konsep cinta dan kasih sayang yang jauh lebih matang dan universal. Beliau bersabda:
ارحموا من في الارض، يرحمكم من في السماء

“Kasihilah seluruh  makhluk yang ada di bumi, maka penduduk langit akan begitu mengasihimu”
Dan ungkapan kasih dalam Islam tu lebih real,  diaplikasikan kapanpun dan dimanapun serta kepada siapapun tanpa mengenal ruang dan waktu. Bukan sekedear buaian ataupun gombalan kepada lawan jenis saja.
MASIH MAU NGERAYAIN??

The last, sebetulnya mau ngerayaain V-Day atau tidak, mau happy-happy atau tidak itu sepenuhnya hak kalian masing-masing tapi setidaknya sekarang kita sudah tahu tentang baik dan buruknya serta hukum dari perayaan v-day itu sendiri, so sekarang pilihan ada di tangan kalian. Kalau kata RASULULLLAH, “Berbuatlah semaumu karena engkau-lah yang akan merasakn balasannya”.
#enhaTV

#InspirasiIslam

#TentangDakwahKita

Advertisements

Tinggalkan Balasan