Puncak Agama Adalah Cinta


PUNCAK AGAMA ADALAH CINTA
Dalam Whirling Darwis, tangan kanan menengadah ke atas adalah simbol meminta rahmat dan kenikmatan, sedang tangan kiri menelungkup adalah simbol menebarkan rahmat dan kenikmatan ”cinta” yang telah didapat kepada sekitar kita.

 

Ada sebuah kisah, sewaktu masih kecil, Sayidina Husain (cucu Rasulullah Saw.) bertanya kepada ayahnya, Imam  Ali : “Apakah engkau mencintai Allah?” 
Imam Ali  menjawab, “Ya”. 
Lalu Sayidina Husain bertanya lagi: “Apakah engkau mencintai kakek dari Ibu (Nabi Saw.) ?” 
Imam Ali kembali menjawab, “Ya”. 
Sayidina Husain bertanya lagi: “Apakah engkau mencintai Ibuku?” 
Lagi-lagi Imam Ali menjawab,”Ya”. 
Sayidina Husain kecil kembali bertanya: “Apakah engkau mencintaiku?” 
Imam Ali menjawab, “Ya”. 
Terakhir Sayidina Husain yang masih polos itu bertanya, “Ayahku, bagaimana engkau menyatukan begitu banyak cinta di hatimu?” 
Kemudian Sayidina Ali menjelaskan: “Anakku, pertanyaanmu hebat! Cintaku pada kekek dari ibumu (Nabi Saw.), ibumu (Fatimah ra) dan kepada kamu sendiri adalah kerena cinta kepada Allah”. 
Karena sesungguhnya semua cinta itu adalah cabang-cabang cinta kepada Allah Swt. Setelah mendengar jawaban dari ayahnya itu Husain jadi tersenyum mengerti.
Dalam kitab Al-Mahabbah, Imam Al-Ghazali mengatakan bahwa cinta kepada Allah adalah tujuan puncak dari seluruh maqam spiritual dan ia menduduki derajad/level yang tinggi. “(Allah) mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya.” (QS. 5: 54). 
Dalam tasawuf, setelah di raihnya maqam mahabbah ini tidak ada lagi maqam yang lain kecuali buah dari mahabbah itu sendiri. Pengantar-pengantar spiritual seperti sabar, taubat, zuhud, dan lain lain nantinya akan berujung pada mahabatullah (cinta kepada Allah).
Ada seorang murid bertanya kepada Gurunya, “ Guru apakah tanda seseorang itu cinta kepada Allah..?”
Sang Guru menjawab, “Orang tersebut mencintai dan menyayangi makhluk-Nya.”
Dalam kitab Su’bul Iman diterangkan bahwa salah satu cabang dari iman adalah menyingkirkan duri dari jalan, agar secara fisik orang tidak terluka karena duri tersebut. Secara hakikat kita harus menghilangkan duri-duri”penyakit-penyakit” dari hati kita, agar tindakan dan ucapan kita tidak menyakiti orang lain.

-+++++++++++++++++++++++

Suwun..Cahaya Gusti.

Advertisements

Tentang Valentine’s Day dan Kasih Sayang

VALENTINE’S DAY DAN KASIH SAYANG

Oleh. ustadz Ajir ubaidillah

Pembaca Inspirasi Islam yang baik hati dan keren pula, saat ini kita sudah memasuki Bulan Februari yang mana di dalamnya ada satu hari yang sering disebut oleh beberapa orang sebagai valentine’s day. Hari inilah yang kemudian sering diidentikkan dengan hari Cinta dan Kasih sayang.
Melalui tulisan ini kita tidak akan membahas tentang asal-usul, sejarah ataupun hukum merayakan valentine’s day itu sendiri, barangkali artikel atau tulisan mengenai hal itu bisa dengan mudah kalian temukan dengan googling ataupun sumber lainnya. Namun yang ingin kita bicarakan adalah pantaskah hari tersebut menjadi simbol cinta dan kasih sayang?? Mari kita perbincangkan.
CINTA ITU MENJAGA

Read More

Mencintaimu Karena Allah

​MENCINTAIMU KARENA ALLAH
Pembaca Inspirasi Islam, gimana kabar ni? Semoga kalian dan kita semua senantiasa diberkahi dan dirahmati ALLAH Subhaanahu wa ta’ala Amiin Ya Robbal Alamiin.
C-i-n-t-a, berbicara tentang kata lima huruf ini memang tidak pernah ada habisnya, karena ini merupakan sifat naluriyah yang diberikan oleh ALLAH kepada seluruh makhluk yang bernyawa tak terkecuali manusia. So wajar bin manusiawi banget kalau kalian memiliki perasaan cinta, ketertarikan atau rasa nyaman pada seseorang. Apalagi darah muda seperti kita, (hmmm emang aku muda?? 🙂🙂), udah gitu hampir semua media yang kita saksikan hampir pasti berisikan hal-hal yang membuat kita begitu terobsesi dan berimajinasi tentang cinta.

CINTA KARENA ALLAH?

Sering kita mendengar seorang yang tengah kesengsem dimabuk cinta dengan mudahnya mengucapkan kata-kata ini untuk menakluk-kan pujaan hatinya. Sayang seribu sayang statmen ini terkadang justru dibarengi dengan hal-hal yang tidak diridhoi-NYA. Padahal mencintai karena ALLAH tuh pahalanya besar banget lho..
Banyak sekali keterangan baik dari ayat ataupun hadits yang menjelaskan perihal mencintai karena ALLAH. Di antaranya hadits qudsi berikut ini,

Read More

Jomblo Organik

​Jomblo Organik

(Oleh: KH. M. Dhiyauddin Kushwandhi)

Guru..
Bulan berganti bulan,tahun berganti tahun sampai kini usia saya hampir kepala 4, tapi kenapaTuhan masih membiarkan saya  menjomblo, padahal saya sudah berusaha.Apa ada doa khusus untuk mendapatkan jodoh.

Adikku…
dalam pandangan Tuhan tak ada yg terlambat atau terlalu dini.Pernikahan itu ibarat pagi akan datang tepat pada waktunya.Tentu kalau masih tengah malam kamu tak akan mungkin menjumpai pagi,tapi jika pagi itu telah tiba kamupun takkan bisa mengelak.
Meski demikin kamu boleh terus berusaha untuk menemukannnya dengan mengambil pelajaran atas kegagalan selama ini .

Read More

Jadikan kelemahan sumber Kekuatan

semngat danbobismillahirahmanirahim

sahabatku semua yang dirahmati Allah, Resahnya hati bisa menjauhkan diri dari kebahagiaan, karena akarnya segala kebahagiaan dan kesusahan adalah hati, maka hati membutuhkan siraman agar tetap terjaga kesejukan dan kesegarannya. maka berDzikirlah (mengingat Allah) hal yang utama sebagai bahan siraman hati.

sahabat, Antusias tinggi, positivethinking, semangat, sabar disertai doa, spirit semacam  ini yang harus bergelora  dan tumbuhkan dalam diri kita, bila ingin meraih cita-cita, bila ingin sukses, walaupun mungkin cita-cita itu belum tercapai, walaupun sukses masih jauh, minimal mendapatkan kenikmatan karena berlelah-lelah dan mendapatkan pahala karena berusaha. betul tidak kawan ?

apa yang harus dilakukan untuk menggapai semua itu ?

berusaha Memotivasi diri yg merupakan bahan bakar seseorang agar mau melaksanakan sesuatu. Banyak dari kita yang mempunyai keinginan dan ambisi besar, tapi kurang mempunyai inisiatif dan kemauan untuk mengambil langkah untuk mencapainya. Ini menunjukkan kurangnya energi pendorong dari dalam diri kita sendiri atau kurang motivasi. betul tidak kawan ?

karena tingkah laku manusia itu aneh. Ada yang melihat peluang-peluang sementara yang lainnya hanya melihat masalah-masalah. Jika Anda melatih pikiran Anda untuk mencari peluang-peluang, Anda akan menemukan, bahwa sebenarnya tiap hari memberikan peluang yang jumlahnya lebih banyak dari yang bisa kita raih. Semuanya ada di sekitar kita. Mereka yang akan mencari kita, bukan kita yang mencaria mereka. Masalah terbesar kita adalah memilih satu yang terbaik di antaranya. nah ini masalahnya ??

Dalam dunia yang penuh persaingan ini, orang berlomba untuk menjadi yang lebih baik, dan kalau perlu menjadi yang terbaik. Orang seringkali lupa kalau mengakui kelemahan merupakan salah satu kualitas kepribadian yang penting. padahal ketidaksempurnaan kita itulah yang menjadikan kita sempurna..

sebuah kisah menarik, mengawali pembahasan hari ini… semoga dapat mengispirasimu,..

Di sebuah ruang kuliah, seorang profesor kedokteran memberikan kuliah perdananya. Para mahasiswa baru itu tampak serius. Mata mereka terpaku menatap profesor, seraya tangan sibuk mencatat.

“Menjadi dokter, butuh keberanian dan ketelitian,” terdengar suara sang profesor. “Dan saya harap kalian dapat membuktikannya.” Bapak itu beranjak ke samping. “Saya punya setoples cairan limpa manusia yang telah direndam selama 3 bulan.” Profesor itu mencelupkan jari ke dalam toples, dan memasukkan jari itu ke mulutnya. Terdengar teriak-teriak kecil dari mahasiswa itu. Mereka terlihat jijik. “Itulah yang kusebut dengan keberanian dan ketelitian,” ucap profesor lebih meyakinkan.

baca memaksimalkan kelemahan menjadi sumber kekuatan

Tuhan…

SONY DSC

TUHAN

Tuhanku

Dalam termangu

Aku masih menyebut namamu

Biar susah sungguh mengingat kau dengan penuh seluruh

Read More

Rahasia Dasyatnya Dua Kalimat Syahadat

syahadatainbismillahirahmanirahim

sahabatku semua yang dirahmati Allah. begitu banyak orang yang terperangkap didalam kesibukann hariannya, dan banyak yang merasa telah bekerja keras. Namun sebenarnya, Mereka “tidak keman-mana” karena tidak ada tujuan yang jelas. Sehingga yang dilakukan hanyalah menghabiskan hari-hari dengan bekerja atau melaksanakan tugas saja.

tidak harapan lain dalam diri kami, Begitu selalu keluh kesah mereka. meski sebenarnya banyak aktivitas yang dilakukan untuk mengubah segalanya menjadi lebih baik, seringkali mereka enggan, bahkan untuk memikirkannya saja tidak mau apalagi melakukan tindakan nyata untuk merealisasikan harapan tersebut. Menunggu nasib baik lebih suka dilakukan, sambil terus menerus berdoa tanpa pernah sedikitpun berusaha, Apalagi melakukan evaluasi penyempurnaan

apalagi……;

seandenya ditanya apa sih syahadat itu ?

kenapa harus bersyahadat ?

bnyak orang yang kadang tidak bisa untuk menjawabnya…

sebuah kisah menarik semoga dapat membuka hati nurani kita,

Al Habib Munzir bin Fuad Al Musawa beliau berkata : “Dahulu di zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasalam, suatu ketika seorang baduwi lewat dihadapan Rasulullah kemudian beliau bertanya: “wahai fulan, hendak kemanakah engkau?” dia menjawab : “pergi untuk bersilaturrahmi ke rumah si fulan”, maka Rasulullah shallallalhu ‘alaihi wasallam berkata: “Maukah engkau kuberi sesuatu yang lebih berharga daripada hal itu?”, orang baduwi itu berkata : “apa itu?”

maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : ““Engkau bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan aku adalah Muhammad utusan Allah” “

baca kisah cahaya hati selengkapnya….

Cuma cinta ditolak wanita, kenapa GALAU ?

Patah Hatibismimllahirahmanirahim

sahabatku yang dirahmati Allah, banyak diantara kita yang mudah frustasi apabila keinginannya tidak terpenuhi, apalagi jika itu menyangkut masalah cinta, masalah yang kata banyak orang menilai sensitif ini, karena membawa-bawa hati dan perasaan.

Seseorang yang jatuh cinta, merasakan bahwa dunia ini sangat indah sekali. Setiap harinya adalah musim semi dimana bunga bermekaran dan burung-burung berkicau sangat indah. Namun hal ini dapat menjadi berbalik jika ternyata cintanya ditolak. Dunia akan terasa suram, semua lagu sedih seperti mendukung kesedihannya dan merasa sendirian di dunia ini.

lalu kenapa harus sedih, galau, menderita, sengsara ?
coba baca artikel dibawah ini yang pernah saya susun ;

Lelaki hitam, sabarlah
bagaimana jika harus ditolak?
berkali – kali ditolak lamaranya
Zulfah, ijinkan aku meminangmu?
kenapa kok mudah putus asa ?
kupinang kau dengan Alquran

baca artikel cahaya hati selengkapnya..

seberapa besar cintamu ?

sujudBismillahir-Rahmaanir-Rahim

sahabatku yang aku cintai karena Allah. bicara mengenai cinta, hmm sungguh indah, apalagi bisa dekat dengan sang MAHA Cinta tapi entar kemungkinan banyak yang berkhusnudzon kepada saya. jangan – jangan si penulis tengah jatuh cinta-fall in love dan sebagainya. ya boleh-boleh saja asal baik tidak masalah. fitrah manusia memang ingin dicintai dan mencintai. ya gak kawan ? asal jangan berlebihan. 

Cintaku kepadamu adalah selepas aku mencintai DIA yang ESA.

sahabatku banyak diantara kita Saat menjalin hubungan cinta dengan seseorang, pasti anda harus bisa membuktikan rasa cinta yang ada kepada pasangan. Karena terkadang pasangan juga butuh perhatian, pengertian dan pemahaman dari anda yang mencintainya. Untuk membuktikan rasa cinta, tapi permasalahan baru akan muncul saat dipertanyaakan seberapa besar cinta itu ?

jika cinta bisa diukur dengan sebanyak-banyaknya materi jelas itu bukan cinta, jika cinta diukur dengan tingginya gunung tertinggi itu bukan cinta, jika cinta diukur dengam seluas dan dalamnya samudra itu bukan cinta, jika cinta diukur dengan kata-kata terindah sepanjang masa, itupun juga bukan cinta, lantas bagaimana cara kita mengukur cinta ? ADAKAH YANG TAHU ?

kiranya sebuah kisah berikut ini, mencoba mendifinisikan arti seberapa besar cinta … bacalah dengan seksama.

Seorang yang terkenal arif pernah bercerita, bahwa ia pernah menemui seorang pandai besi yang sangat ajaib. Ia mengerjakan pekerjaannya tanpa pernah menggunakan alat anti api atau lain-lainnya. Hanya dengan tangan kosong, ia mampu memegang besi yang sedang membara.

Ketika si arif menanyakan penyebab kekebalannya, pandai besi tadi menceritakan peristiwa yang pernah ia alami. Beberapa tahun yang lalu, aku mempunyai tetangga seorang wanita yang sangat cantik. Aku jatuh cinta kepadanya, tetapi ia hanya biasa-biasa saja dan tak membalas cintaku.

baca kisah cahaya hati selengkapnya…

duhai hati yang selalu gelisah

merenung

duhai hati 

Bila engkau belum tahu pasti apa yang menggelisahkan mu,

bagaimana mungkin engkau bisa merasa gelisah?

Sebetulnya, apakah yang sedang kau gelisahkan?

Ketahuilah bahwa penderitaan yang paling menyiksa mu,
adalah penderitaan yang tidak pernah datang,
tetapi yang kau ijinkan tumbuh
dalam kekhawatiran- kekhawatiran mu.

Bila kekurangan yang kau rasakan,
mengalahkan nilai dari keberuntungan
yang telah ada pada mu,
maka kegelisahan itu adalah candu bagi pikiran mu.

Kegelisahan yang mencandui mu itu berawal
dari serat-serat sarang laba-laba
dalam angan-angan mu,
yang kemudian kau ijinkan menguat, menajam,
dan mengiris permukaan hati mu yang peka.

baca selengkapnyaa..

Biarlah ya Allah

biarlah

bismillahirahmanirahim.

biarlah berwajah tak tampan

biarlah berkulit nan hitam

biarlah…

biarlah dipandang remeh

biarlah dianggap Bodoh

biarlah dianggap culun

biarlah ditolak banyak wanita

biarlah dijauhi orang-orang

biarlah…..

biarlah baca selengkapnya..

Sunshine Award – indahnya silaturahmi

sunshine-award-by temonsoejadiBismillahirahanirahim

Mahabenar Allah dalam firmanNya, “Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) namaNya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. An-Nissa [4] : 1).

“Seseorang berkata: ‘Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku amalan yang akan memasukkan aku ke surga dan menjauhkanku dari neraka.” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan: “Engkau beribadah kepada Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, menegakkan shalat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahim’.”

(HR. Al-Bukhari, 3/208-209, Muslim no. 13)

” terima kasih saya ucapkan kepada sahabatku semua dimanapun engkau berada, semoga keberkahan, karunia dan rahmat Allah selalu tercurahkan untukmu dan keluargamu disana”

Indahnya kasih sayang dapat tercermin dari silaturahmi yang baik. Persaudaraan yang terputus pun akan terjalin kembali melalui silaturahmi. Sungguh, keindahan akan diperoleh bagi orang yang mau menjaganya.

kebahagiaan tersebut tentunya diperoleh dengan keikhlasan dalam melakukannya. Bukan karena mengharapkan imbalan dari mahluk-mahlukNya, bukan karena mengharapkan pujian dan penghargaan, juga bukan karena mengharapkan mereka agar menyambungkan tali silaturahmi sebagaimana yang telah kita lakukan, sama sekali bukan. Melainkan semua itu kita lakukan semata-mata agar kita disayangi oleh Allah SWT.

baca penghargaan sunshine award selengkapnya…

Makna Ujian

Di uji ujian sedih mudah terasa pedih.
Di uji ujian susah mudah rasa gelisah.
Di uji ujian senang tidak pernah tenang.
Di uji ujian harta selalu rasa bangga.
Di uji ujian rupa selalu sombong saja.
Di uji ujian uang selalu melayang-layang .
Di uji ujian berat selalu kufur nikmat.
Ujian itu mengangkat derajat orang-orang yang taat.
Ujian itu menghapuskan dosa orang-orang yang maksiat.
Ujian itu mmberi azab orang-orang yang terlaknat.
Ujian itu memberi peringatan orang-orang yang tak ingat.

Semoga bermanfaat

 

Do’a minta jodoh

“Rabbiy Inni Limaa Anzalta ilayya min khairin faqiir”.

(wahai Allah sungguh aku ini masih miskin dan faqir dan sangat butuh atas apa apa yg kau turunkan dari anugerah).

doa ini adalah doa Nabi Musa as, kemudian Nabi Musa as didatangi calon istrinya dan sekaligus mendapat pekerjaan. doa ini tercantum pada QS Al Qashash 24).

Allaahumma anta khaliqu kulli nafsin
wajaa’ilu kullin minha zaujahaa fahab Mi zaujanshaalihaa.”

Ya Allah ya Tuhan kami! Engkau Pencipta
setiap jiwa dan Engkaulah yang menjadikan
setiap jiwa itu pasangannya/ jodohnya,
maka berikanlah kepada kami jodoh (suami/istri) yang saleh.

رَبِّ لَا تَذَرْنِي فَرْدًا وَأَنْتَ خَيْرُ الْوَارِثِينَ

Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau membiarkan aku hidupku seorang diri, dan Engkaulah pewaris yang paling baik.” (QS. Al-Anbiyai`: 89).

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Artinya: “Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi-Mu seorang anak yang baik. Sungguh Engkau Maha Pendengar doa.” (QS. Ali Imron: 38).

رَبِّ إِنِّي لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيرٌ

Artinya: ” Ya Tuhanku sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku”. (QS. Al-Qoshos:24)

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam (pemimpin) bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqon: 74)
semoga bermanfaat.

Dirimu sebuah penantian

Bismillahirrahmanirrahiim…

Dirimu adalah…
Sebuah sketsa wajah yang belum tergambar…
Sebuah nama yang urutan abjadnya belum terangkai…
Sebuah misteri yang masih berada dalam genggaman kuasaNya..

Menanti hadirnya dirimu membuatku banyak belajar…

Belajar tentang kesendirian…
Bahwa kesendirian bukanlah sesuatu yang memalukan…
Karena kesendirian membuatku lebih terjaga…
Karena kesendirian membuatku semakin mengenal dan mencintaiNya…

Belajar tentang kebersamaan…
Bahwa kebersamaan yang kini ku rasakan pasti akan berlalu suatu saat nanti…
Karena kebersamaanku dengan orang tuaku, teman-temanku dan orang-orang yang ku cintai juga bagian dari siklus kehidupan yang akan berakhir pada waktunya…

baca cahaya hati selengkapnya…

Ayat – Ayat Cinta Ramadhan

bismillahirahmanirahim

sahabatku semua yang dirahmati Allah, Membincang Ramadhan erat kaitannya dengan cinta dan kasih sayang. Ramadhan bulan suci penuh cahaya cinta. Bertaburan rahmat dan rizki serta ampunan. Bulan ini adalah anugerah Rabb semesta alam, Allah SWT kepada hamba-hamba yang mengenal dan takut pada-Nya. Bagaimana ya to tidak kawan?, Allah Swt  sendiri telah memilihnya sebagai bulan dimana kasih sayang-Nya ditumpahkan di seantero langit dan bumi.

Sepertiga pertama adalah bentuk awal dari cinta kasih Allah kepada para hamba-Nya (awwaluhû rahmah). Sementara sepertiga kedua adalah implementasi rasa cinta Allah dalam bentuk yang lebih besar, yaitu berupa ampunan (awsathuhu maghfirah). Adapun sepertiga terakhir adalah puncak ungkapan cinta Allah yang berupa penyelamatan dari api neraka (itqun minan nâr).

apakah cinta itu? kawan… saya rasa kata cinta tak asing ditelinga kita,

Cinta, ya Cinta, sebuah kata yang sarat dengan makna. Tak ada seorang manusia pun di dunia ini yang tak mengenal cinta
Karena cinta sesungguhnya telah ada sebelum manusia itu ada. Ia akan terus tumbuh dan bersemi di dada, meski manusia itu sendiri telah tiada.

baca nafas-nafas cinta selanjutnya..

siapakah orang – orang yang lemah itu ?

bismillahirahmanirahim

sahabatku semua yang dirahmati Allah, Manusia diciptakan Allah sebagai makhluk sosial yang diberi kemampuan untuk mudah beradaptasi dan berkomunikasi dengan semua orang. Dan sebagai ciptaan Tuhan yang tertinggi kita tidak bisa hidup sendiri atau acuh tak acuh kepada orang lain, kita mesti memperhatikan sesama kita.
Dalam kehidupan yang sesungguhnya apabila kita membuka mata lebar-lebar maka kita akan ditunjukkan kepada masalah-masalah kehidupan yang sesungguhnya dan bukan bayangan saja.

sebuah kisah untukmu..

Kisah nyata ini terjadi di sebuah Rumah Sakit di Tennessee, USA.

Seorang ibu muda, Karen namanya sedang mengandung bayinya yang ke dua.

Sebagaimana layaknya para ibu, Karen membantu Michael anaknya pertama yang baru berusia 3 tahun bagi kehadiran adik bayinya. Michael senang sekali akan punya adik. Kerap kali ia menempelkan telinganya diperut ibunya. Dan karena Michael suka bernyanyi, ia pun sering menyanyi bagi adiknya yang masih diperut ibunya itu.

baca kisah selengkapnya…

Ayah, jangan ambil tanganku

bismillahirahmanirahim

sahabatku semua yang dirahmati Allah, seorang anak tentu kadang kala berbuat sesuatu yang tidak sesuai dengan pandangan orang tuanya. Bilamana perbuatannya ini sering dilakukan, maka anak tersebut dikatakan sebagai anak nakal.

Sebagai seorang anak kecil yang alam pikirannya masih sangat sederhana, tentunya sering mendapatkan teguran dari orang tuanya. Terlebih-lebih seorang anak yang nakal tentu akan mendapatkan hukuman yang lebih berat.

Semua orang tumbuh dari bayi, lalu menjadi anak kecil, dan hingga sekarang. Sewaktu sebagai seorang anak kecil yang mempunyai orang-tua, tentu pernah mengalami dihukum oleh orang-tua, pengasuh, atau guru. Walaupun kadang kala bagi anak kecil tersebut merasa bahwa perbuatannya tidak salah, tetapi mengapa orang-tuanya melarangnya bahkan menghukumnya. Si anak kecil ingin berontak, tetapi apa daya karena takut dihukum lebih berat lagi.

Sungguh suatu keadaan yang ironis, bagi diri anak kecil ini. Dirinya merasa akan mendapatkan kesenangan dengan melakukan perbuatannya, tetapi akhirnya hukuman menyakitkan yang didapatnya.

hayo siapa diantara kalian yang seperti itu?

Pernahkah Anda terpikirkan jika cinta anak melebihi kasih seorang Ibu?

sebuah kisah menarik sebgai renungan buat kita semua…..

Ayah, maafkan Dita

Sepasang suami istri (seperti pasangan lain di kota2 besar meninggalkan anak2 diasuh pembantu rumah tangga sewaktu bekerja).
Anak tunggal pasangan ini, perempuan cantik berusia tiga setengah tahun. Ia sendirian di rumah dan kerap kali dibiarkan pembantunya karena sibuk bekerja di dapur.

Bermainlah dia bersama ayun-ayunan di atas buaian yang dibeli ayahnya, ataupun memetik bunga dan lain-lain di halaman rumahnya.

baca kisah selengkapnya…

seberapa bahayakah kesibukan?

bismillahirahmanirahim,

sahabatku semua yang dirahmati Allah, duch macetnya pengen jalan ke puncak saja menikmati keindahan harus berjam-jam dalam kendaraaan karena macetnya…

apa yang terjadi jika kemacetan dan kesibukan terus-terusan terjadi melingkupi kehidupan kita? gampang marah, gampang emosi, gampang putus asakah?

ya to tidak kawan?

kawan, Dalam aksara Cina, kata “sibuk” berarti “kematian hati” atau ” hati yang mati “. Kesibukan dapat membuat orang “mati rasa” karena dapat merampas hal yang berharga dalam hidup kita, yakni kepekaan dan kepedulian kita terhadap orang lain.  Orang yang terlalu sibuk bisa kehilangan kepekaan terhadap Tuhan dan sesama. Lebih parah lagi, orang yang sibuk lama kelamaan bisa menjadi egois — tidak lagi peduli pada manusia di luar dirinya, bahkan terhadap keluarganya sendiri.
Jangan terjebak pada kerutinan dan kesibukan atau hoby yang berlebihan. Berhati-hatilah saat memasuki rutinitas kesibukan.

sebuah kisah untuk orang yang selalu dalam kesibukan hidupnya….

Sering kali orang tidak mensyukuri apa yang diMILIKInya sampai akhirnya

Rani, sebut saja begitu namanya. Kawan kuliah ini berotak cemerlang dan memiliki idealisme tinggi. Sejak masuk kampus, sikap dan konsep dirinya sudah jelas: meraih yang terbaik, di bidang akademis maupun profesi yang akan digelutinya. ”Why not the best,” katanya selalu, mengutip seorang mantan presiden Amerika.

baca kisah selengkapnya…